Di Jepang, Orang Beli Mobil Malah Dianggap Kampungan

thumb-jepang

Keadaan ini sungguh berbeda dengan di Indonesia yang orang orang nya bangga mempunyai mobil lebih dari satu. Namun di jepang hanya orang orang saja yang tidak keberatan dengan tarif parkir mobil yang selangit, ini membuat orang orang berpikir ulang untuk memiliki mobil di Jepang.

Selain itu, tempat pencucian mobil di Jepang juga sangat minim. Tidak heran di jepang cukup banyak terlihat mobil yang terparkir berdebu karena jarang digunakan. Tingkat aktivitas orang Jepang yang cukup tinggi membuat mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan hal yang lain.

Kalaupun dipakai sesekali hanya untuk keluar kota. Sekali lagi ini menegaskan, bahwa hanya orang-orang yang hidup di kampung yang perlu mobil.


Punya mobil ciri khas orang kampung


jepang

Jalan kaki dan sepeda adalah kendaraan orang kota. Sepeda-sepeda di parkir di lahan yang dibawahnya adalah stasiun. Semua hunian di Jepang mempunyai standar yang sama, yaitu anti gempa dan dapat menjangkau stasiun terdekat dengan jalan kaki atau sepeda.

Jumlah penduduk Tokyo Raya (Greater Tokyo) termasuk kawasan penyangganya seperti Chiba dan Saitama, sekitar 30 juta orang atau tergolong paling padat di dunia. Namun penduduk Tokyo tidak pernah merasakan sesak dan bising seperti halnya di Jakarta.

Kenapa? Karena mereka tinggal tersebar, dan melakukan perjalanan pergi dan pulang dari tempat bekerja dengan kereta api. Jaringan kereta api di Tokyo adalah yang paling intensif di seluruh dunia. Kereta api menjangkau setiap sudut kota.

Negara dengan disiplin yang sangat tinggi


jepang

Di negara ini semuanya terjadwal dengan sangat ketat dan dituntut disiplin yang sangat tinggi untuk menepati jadwal yang ada, Jadwal keberangkatan di Jepang tidak pernah meleset, agak berbeda bukan dengan yang terjadi di Indonesia? Lebih banyak jadwal yang bergeser daripada jadwal yang ditepati.

Kehidupan di Jepang juga terhitung cukup nyaman, pekerja dapat memilih tinggal dimana saja dan mereka bisa berangkat ke kantor tanpa memikirkan biaya transportasi karena biaya transportasi diganti oleh kantor. Selain itu mereka juga menjaga benar kesopanan mereka dimasyarakat. Pengguna kereta api tidak mengobrol, mereka membaca buku. Berbicara menggunakan telepon seluler di hadapan orang lain, adalah perbuatan yang tergolong sangat tidak sopan.

Strategi dan desain yang detil oleh Jepang


jepang

Strategi ini bukannya tanpa alasan, strategi ini didesain detil oleh pemerintah demi mewujudkan kelancaran di negara ini. Hasilnya sudah bisa dilihat, lalu lintas di negara ini sangat lancar dan tertib. Tidak terlihat tumpukan kendaraan di jalanan karena mobil yang berlebihan.

Orang-orang yang tinggal di kampung terutama petani, tentu saja perlu kendaraan roda empat, karena mereka petani maka perlu membawa logistik untuk keperluan bertanam. Mereka menggunakan kendaraan bak terbuka. Untuk kepentingan pribadi yang bersifat sosial, biasanya mereka menggunakan mobil yang lebih bersih.

Industri otomotif Jepang secara brilian melancarkan strategi tepat terhadap pangsa pasar yang luar biasa besar, namun memiliki keterbatasan intelektual.

Jadi jangan heran kalau di Jepang bertemu dengan petani lobak yang membawa barang dagangannya menggunakan SUV, dimana di Indonesia dijadikan simbol status eksekutif sukses yang penuh gaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Pemandangan Pantai Unik di Berbagai Negara

Foto Aneh Tapi Nyata, Ada Rumah Terbalik di Taiwan!

Alasan Kenapa Saat Ingin Melakukan Hubungan Intim Sering Sesak Pipis..